seorang laki2 yang di bilang pinter enggak, di bilang bodoh juga enggak, yg tengah2 saja

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thumbnail Recent Post

Recent Comments

Posted by andi putra sinaga - - 0 komentar


INDONESIA

INDONESIA adalah salah satu Negara terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayahnya. Indonesia juga merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.508 buah pulau nya.
FALSAFAH NEGARA : Indonesia adalah suatu Negara berbentuk Kabinet Parlementer dengan falsafah: PANCASILA yang mempunyai moto utama BHINEKA TUNGGAL IKA, satu Negara dan satu bangsa serta satu bahasa nasional walaupun rakyatnya terdiri dari aneka suku bangsa , agama, bahasa, dan adat istiadat yang berbeda-beda.
Republik Indonesia mewujudkan rakyatnya berketuhanan YANG MAHA ESA dan sejak 1 Oktober 1965 menyatakan melarang segala bentuk ATHEIS (tidak mengaku adanya Tuhan) dengan melarang serta membubarkan organisasi komunis (Partai Komunis Inndonesia).
TOPOGRAFI : Terbentang dari Barat ke Timur Khatulistiwa sepanjang 5.110 kilometer dan Garis Meredien membujur dari Utara ke selatan sepanjang 1.888 kilometer, gugusan keepulauaan Indonesia terletak diantara garis 6 derajat Lintang Utara -11 derajat Lintang Selatan, dan diantara Garis Merediaeen 95 derajat dan 141 derajat Timur Greenwich.
Luas wilayah Indonesia seluruhnya mencapai 5.193.252 km persegi, dengan 1.904.569 km persegi luas daratan 3.2888.683 km persegi lautan. Pulau – pulau utamanya adalah JAWA dan MADURA (132.187 km persegi), SUMATERA (473.600 km persegi), KALIMANTAN (539.460 km persegi), SULAWESI (189.216 km persegi), BALI (5.561 km persegi) dan   IRIAN JAYA (422.981 km persegi).
DEMOGRAFI : penduduk Indonesia menurut proyeksi pertumbuhannya, pada tahun 1991 berjumlah 193.000.000 jiwa, terdiri dari sekitar 370 suku bangsa (etnic group) dengan 67 bahasa induk, merupakan kumpulan social dengan corak kebudayaan aneka ragam.
Dalam empat kali sensus penduduk (SP) yaitu tahun-tahun 1930, 1961, 1971 dan 1980 yang dicatat bahwa lebih dari 60% penduduk Indonesia berada di Pulau Jawa. Presentase mana dari tahun ke tahun terus menunjukkan penurunan karena adanya upaya Pemerintah  untuk menyebarkan penduduk pulau jawa ke berbagai pulau di Indonesia melalui Transmigrasi.
PEMERINTAH: Republik Indonesia diatur secara Desentralisasi dengan pembagian wilayah Administrasi Pemerintah terdiri dari 33 buah propinsi (gubernur), 243 Kabupaten (bupati), 54 kotamadya (wali kota), 23 kota administratip (wallikota), 3.341 kecamatan (camat), 4894 kelurahan (lurah) dan 57.850 desa (kepala desa).
KEKAYAAN ALAM : Indonesia pada abad-abad lalu terkenal sebagai penghasil rempah-rempah terkenal di dunia. Berbagai bangsa , Portugis, Belanda, China, Arab, India dan lain-lain  dating keindonesia untuk mendapatkan hasil bumi berupa rempah-rempah antara lain: Lada, tembakau, cengkeh, kopi, pala, coklat, kelapa sawit, karet , jagung, kina, tebu, kapuk, kacang merah, kacang tanah, kaccang kedele, dll.
Kini kecuali sebagai penghasil rempah-rempah, Indonesia  tampil sebagai Negara penghasil  pertambangan antara lain:minyak bumi, gas alam ,alumunium, timah, batubara, tembaga, nikel, mangaan, emas, perak. Dll.
LLINGKUNGAN: Indonesia mengawetkan sejumlah kawasan hutan sebagai daerah lindungan (suaka alam) dengan jumlah sekitar 5% dari luas seluruh hutan di Indonesia telah mempunyai sekitar 200 lokasi suaka alam yang keseluruhannya berjumlah lebih dari 7.000.000 hektar.
Flora sebagai bagian ciri kekayaan alam Indonesia menyimpan sedikitnya 780 jenis anggrek, 1.600 jenis kayu – kayuan dan 6.000 jenis pakis. Terdapat sedikitnya 50 jenis tumbuh-tumbuhan yang sudah sangat langka dan dikhawatirkan akan punah , karenanya dinyatakan di lindungi.
Fauna sebagai bagian dari makhluk hidup yang populasinya terus menurun karena terdesak oleh manusia juga mendapat perlindungan . sejumlah binatang yang hanya terdapat di Indonesia dan dinyatakan di lindungi antara lain : komodo, orang utan sumatera, cendrawasih, anoa, kambing utan, dugong, tapir, babi, rusa, dihe, maleo, harimau, badak, dan gajah.
PEMBANGUNAN : sesungguhnya sejak kemerdekaan 17 agustus 1945 , Indonesia telah menyusun berbagai rancangan pembangunan nasional tetapi pembangunan fisik secara menyusun barisann nyata dan berhasil.

Leave a Reply