seorang laki2 yang di bilang pinter enggak, di bilang bodoh juga enggak, yg tengah2 saja

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thumbnail Recent Post

Recent Comments

Posted by andi putra sinaga - - 0 komentar

Dennis Ritchie

Ken Thompson

Sejarah Sistem Operasi : (Unix asal dari segala sistem operasi modern saat ini)
Kemunculan komputer merupakan salah satu kejayaan yang sangat penting tercatat dalam kalendar sains dan teknologi dunia di abad ke 20. Kita juga perlu berterima kasih kepada pencipta transistor, Integrated Circuit, dan teknologi semikonduktor yang menjadi komponen utama komputer. Kemunculan Hukum Moore juga telah meningkatkan lagi kemampuan komputer disamping itu juga sumbangsih ribuan para ahli komputer yang telah melahirkan komputer untuk dinikmati pengguna pada masa kini.

Melihat jauh sejarah awal komputer, 40 tahun dahulu telah muncul satu Sistem Operasi (Operating System) yang dikenali sebagai UNIX. Sehingga kini UNIX masih digunakan secara luas sebagai satu Sistem Operasi yang paling kebal dan stabil berbanding sistem operasi yang lain.

Hasil penyelidikan dan pembangunan UNIX bermula di Bell Labs yang dimiliki oleh perusahaan AT&T pada waktu itu untuk menghasilkan sistem operasi MULTICS. Menurut Dr Peter Salus, penulis sebuah buku mengenai sejarah awal UNIX, tercetusnya idea untuk membangunkan MULTICS adalah untuk menghasilkan satu sistem operasi yang versatil dan fleksibel yang boleh digunakan dalam pelbagai kerja-kerja perkomputeran.

Namun begitu, ide tersebut gagal dan terpaksa dihentikan. Setelah pembatalan proyek MULTICS diberilah kesempatan kepada dua peneliti Bell Labs yaitu Denise Ritchie dan Ken Thompson. Mereka dilantik sebagai ketua peneliti untuk meneruskan proyek untuk menghasilkan sistem operasi yang lebih mantap, multitasking dan lebih interaktif. Ide-ide yang berasal dari proyek MULTICS digunakan untuk melahirkan satu sistem komputer yang lebih hebat dan mereka berdua akhirnya mencoba menyelesaikan proyek yang terbengkalai tersebut sedikit demi sedkit.


Komitmen Richie dan Ken Thompson untuk menghasilkan sebuah sistem operasi komputer ‘mainframe’ semakin meningkat karena secara kebetulan pada bulan agustus tahun 1969, isteri Ken Thompson yang baru melahirkan anak pergi ke West Coast selama hampir sebulan untuk menjenguk saudaranya. kepergian isterinya memberi peluang Ken Thompson semakin berkonsentrasi untuk menulis kode-kode komputer yang akhirnya dikenali sebagai UNIX.


Mereka berdua begitu bersemangat untuk menyelesaikan setiap komponen utama UNIX yang terdiri dari 4 komponen utama sistem operasi yaitu Shell, Editor, Assembler dan Sistem Operasi itu sendiri. Akhirnya mereka berhasil menjalankan sistem operasi tersebut di atas sebuah komputer DEC yang juga dikenali sebagai PDP-7 di mana UNIX berawal digunakan.

Di awal tahun 70-an, lima individu terlibat di dalam proyek untuk menghasilkan UNIX. Selain Richie dan Ken Thompson, kumpulan mereka bertambah dengan kehadiran Brian Kernighan, Dough McIlroy dan Joe Ossanna.

Istilah UNIX merupakan ide yang dikemukakan oleh Brian Kernighan, yang pada mulanya menamakannya sebagai UNICS yang tercetus dari MULTICS dan akhirnya mereka bersepakat memutuskan untuk memberi nama penemuan mereka sebagai UNIX sampai saat ini.

keberhasilan mereka menjalankan UNIX di atas platform PDP-7 menggunakan baris-baris kode (command line) merupakan puncak keberhasilan dan impian sebagai peneliti dan programmer komputer. Baris-baris kode UNIX seperti chdir dan cat masih abadi digunakan selepas 40 tahun UNIX tercipta. UNIX dihasilkan menggunakan Bahasa pemrogramman C yang dicipta oleh Denise Richie. Antaramuka (interface) Sistem Operasi UNIX pada waktu itu hanyalah terdiri dari baris-baris kode untuk menjalankannya dan tidak seperti komputer yang kita gunakan pada masa kini.

Namun begitu, menurut Dr. Peter Salus, kehebatan UNIX bukan hanya terdiri dari baris-baris dan fungsi kode saja, falsafah di sebalik penciptaan UNIX juga memiliki keistimewaan tersendiri. Ia dibuat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh komputer pada waktu itu. Paling penting adalah ia bertujuan untuk digunakan pada komputer kecil menggantikan komputer ‘mainframe’ yang ukurannya menjadi masalah utama di awal era kemunculan komputer.

Kejayaan UNIX menjadi buah mulut di kalangan komunitas akademisi dan peneliti. Apa yang membuatkan UNIX menjadi terkenal dan tersebar dengan cepat di seluruh dunia akademi dan teknologi Amerika pada waktu itu adalah hasrat AT&T untuk mengedarkan secara gratis kepada pengguna. Setelah melalui berbagai inovasi dan perbaikan, UNIX mula dijalankan ke atas komputer yang lebih kecil dan murah.

Jelas Dr. Salus lagi, yang lebih mengagumkan adalah kode-kode Bahasa pemrograman C dan UNIX bisa dipasang di semua komputer baik berukuran besar atau kecil. Tambahan pula, revolusi teknologi komputer meningkat secara mendadak. Perusahaan komputer terkenal seperti IBM berlomba-lomba menghasilkan komputer yang lebih kecil dan nyaman untuk digunakan.

Pada bulan Mei 1975, telah muncul satu lagi teknologi yang semakin mensupport kemasyhuran UNIX iaitu teknologi jaringan yang dikenali sebagai ARPANET. Proyek ini menggabungkan jaringan komputer militer Amerika pada mulanya, telah membuat keputusan menggunakan UNIX sebagai sistem operasi utama proyek tersebut di bawah satu unit penelitian yang dinamakan Internet Engineering Task Force. Unit penyelidikan tersebut melihat potensi UNIX yang mempunyai berbagai kelebihan untuk digunakan dalam proyek yang bakal mengubah kehidupan manusia modern pada hari ini yang dikenali sebagai internet.

Tidak berhenti disitu, perkembangan UNIX dari masa ke masa berlanjut seiring dengan revolusi komputer di seluruh dunia. Ia telah digunakan secara meluas dari ’mainframe sampai ke komputer dekstop. Tahun-tahun 1980 sehingga 1990, UNIX telah muncul dalam berbagai versi dan perusahaan komputer telah memperkenalkan sistem operasi UNIX mereka tersendiri. Misalnya IBM dengan AIX nya, Hewlett Packard dengan HP-UX dan SUN Microsystem dengan sistem operasi SUN Solaris.

Kini UNIX abadi sebagai pemain utama dalam industri komputer dan internet terutamanya untuk kegunaan pelayan (server) dan peralatan jaringan yang lain. Falsafah dan teknologi UNIX sendiri telah memberi kesan yang hebat dalam dunia komputer dan sehingga memunculkan Sistem Operasi Terbuka (Open Source) seperti Linux dan BSD* (Berkeley Software Distribution). Sistem operasi yang lain seperi Windows juga menggunakan teknologi jaringan mereka yang berasal dari UNIX ( communication stack ) manakala Sistem Operasi X yang digunakan dalam Komputer Apple juga berasal daripada UNIX. Menurut Salus lagi, setelah diteliti lebih detail bahwa dalam sistem operasi terkini seperi Windows dan X, masih terdapat kode-kode yang sama seperti yang dihasilkan Denise Richie dan anggotanya pada tahun 1971 dulu.

Setelah 40 tahun kelahirannya, yang paling menarik di dalam UNIX adalah memiliki kemampuan menyesuaikan (adaptability) di semua sistem komputer dan juga fleksibel untuk digunakan sebagai multitasking. Penjelasan terakhir Dr. Peter Salus tentang UNIX adalah ’ UNIX is the best screwdriver ever built’
sumber:http://forum.devilzc0de.org/thread-5221.html

Leave a Reply